Ide Rumah Ala Amerika

Ide Rumah Ala Amerika

Ia berencana membeli rumah jadi yang siap huni. Namun, kebanyakan rumah jadi lokasinya berada jauh di pusat kota padahal segala aktivitas Iren dan suami lebih banyak dihabiskan di pusat kota. Akhirnya, mereka memutuskan membeli rumah seken yang lokasinya di pusat kota. Tak masalah jika kondisi rumah rusak parah karena mereka berencana untuk membangunnya dari awal. Setelah mencari kesana-kemari, Iren akhirnya membeli rumah seken ini. Semenjak awal membeli rumah ini, Iren dan suami memang tak jatuh hati dengan desainnya Pertimbangan Iren membeli rumah ini karena lokasi, bukan desain. Setelah mendapat rumah, Iren segera mencari arsitek yang bisa merealisasikan mimpinya. Lewat seorang arsitek bernama Budi Sukada, Iren akhirnya diperkenalkan dengan Rima. Rima pada akhirnya dipercaya untuk merenovasi rumah ini.

DARI ETNIK KE GAYA AMERIKA

Rima mengungkapkan bahwa Iren menginginkan desain rumah bergaya ala Amerika. Sementara, pemilik rumah lama merancang rumah ini dengan sentuhan etnik Jawa dan banyak menggunakan batu alam. “Pemilik rumah meminta saya mendesain rumah dengan konsep rumah ala Amerika. Dia jatuh hati pada gaya ini setelah dia berkunjung ke Amerika,” ucap Rima. Baginya, ini tantangan yang luar biasa, karena konsepnya berbeda 18 00. Apalagi, pemilik tak menginkan ada banyak perubahan lay out rumah. Walau begitu, Rima tak sepenuhnya mengambil konsep itu secara mentah. Ia tetap harus menyesuaikan dengan kondisi Jakarta yang sangat tropis. Konsep desain ala Amerika pada akhirnya hanya tertuang di fasad rumah. “Desain konsep Amerika bisa terlihat dari jendela kaca di fasad rumah dan lampu. Itu pun saya arahkan ke konsep desain Amerika modern agar tetap ada korelasi dengan interior rumah yang dirancang dengan desain modern,” ucapnya. Selain itu, rumah yang awalnya hanya memiliki teras yang sangat kecil, pada akhirnya memiliki teras yang cukup besar. Y ang paling mencolok adalah perubahan tampilan pagar yang pada awalnya tersusun dari batu alam penuh diubah menjadi pagar plesteran yang di-fi nishing dengan cat. Perubahan desain ini dibuat untuk menyelaraskan antara pagar dengan tampilan rumah yang baru.

MEMPERTAHANKAN LAYOUT LAMA

Jika fasad rumah mengalami perubahannya total, tetapi tak demikian dengan area di dalam rumah. Secara keseluruhan, lay out rumah ini masih sama dan mempertahankan tampilan tampilan rumah sebelumnya. “Saya berani tak mengubah lay out ruang dan mempertahankan rumah yang dulu karena kondisi f sik dinding dan struktur rumah ini masih kuat dan bagus. Di samping itu, secara penataan ruangnya sudah cukup baik. Jadi, saya memutuskan untuk mempertahankan lay out lama,” ucap Rima. Dengan mempertahankan lay out lama, biaya renovasi rumah menjadi lebih murah. Untuk membuatnya terlihat baru, Rima mengubah penutup lantai dari lantai keramik biasa ke lantai keramik motif granit berukuran 50cm x 50 cm. Sebagian Meja Sekaligus Tempat Penyimpanan Ruang keluarga termasuk tempat yang mudah berantakan. Untuk menjaganya tetap terlihat bersih biasanya dihadirkan banyak tempat penyimpanan. Di ruang keluarga ini contohnya, mejanya dirancang sekaligus sebagai tempat penyimpanan. lantai ditutup dengan lantai parket. Kedua material lantai ini dipilih agar rumah terlihat lebih berkelas dan hangat. “Lantai parket dipilih agar rumah terkesan lebih hangat. Sementara lantai keramik motif granit dipilih agar rumah terkesan lebih mewah,” ucapnya.

RUANG TIDUR HILANG SATU

3erubahan yang signif kan dari dalam rumah ini adalah ruang yang dialihfungsikan menjadi area terbuka. Y a, Rima memutuskan untuk menghilangkan ruang tidur di belakang tangga dan mengubahnya menjadi area santai dan taman. Ini harus dilakukan karena ia menilai rumah sebelumnya terlalu padat ruang sehingga membuat beberapa ruang minim cahaya dan sirkulasi. Tentunya, kondisi ini tak baik untuk kesehatan si penghuni rumah. “Ruang tidur di area belakang saya bongkar, lalu saya jadikan tempat santai, taman, dan sedikit gudang penyimpanan,” ucap Rima. Pengalihfungsian ini membuat rumah jadi tak gelap dan memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Untuk menambah nilai plus dari rumah ini, ia menambahkan aquarium sebagai point of interest dan pemandangan menarik yang dapat dinikmati dari ruang keluarga dan ruang santai. Dengan pengurangan ruang seperti ini, pemilik rumah merasa rumahnya kini jadi lebih nyaman.

Menggunakan Genset Sebagai Sumber Listrik Cadangan

Salah satu solusi mengatasi listrik yang tiba tiba padam adalah dengan menggunakan genset sebagai sumber listrik cadangannya. Dengan adanya genset penghuni rumah akan tetap nyaman beraktifitas. Genset untuk rumah cukup dengan kapasitas 10 kva saja. Untuk kamu yang sedang mencari genset rumah 10 kva pastikan anda membelinya di supplier genset terpercaya dan bergaransi

Hari Somolokentir