Pengertian Konstitusi Beserta Kedudukannya

Konstitusi pada dasarnya memiliki pengertian luas yaitu seluruh ketentuan baik yang tercantum maupun tidak tercantum yang mengatur secara mengikat mengenai cara penyelenggaraan suatu pemerintahan. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menghadirkan artikel mengenai Pengertian Konstitusi.

Tetapi tidak bukan pengertian saja, pada artikel di bawah ini juga termasuk terdapat kedudukannya. Yuk simak ulasan berikut.

Pengertian KonstitusiPengertian konstitusi

Dari segi bahasa istilah konstitusi berasal dari kata constituer (Prancis) yang artinya membentuk. Maksudnya yaitu membentuk, menata, dan menyusun suatu negara.

Demikian pula di dalam bahasa Inggris kata constitute dapat diartikan untuk mengangkat, mendirikan atau menyusun. Dalam bahasa Belanda, istilah konstitusi dikenal dengan sebutan gronwet yang artinya undang-undang dasar.

Istilah konstitusi biasanya menggambarkan jumlah sistem ketatanegaraan di suatu negara. Sistem ini bersifat kumpulan peraturan yang membentuk, mengatur atau memerintah negara.

Peraturan-peraturan selanjutnya tersedia yang tertulis sebagai ketentuan badan yang berwenang dan tersedia yang tidak tertulis yang bersifat normalitas di dalam praktek penyelenggaraan negara.

lalu apa sih yang saling berkaitan mengenai pengertian negara dengan pengertian konstitusi? Banyak kaitannya antara satu sama lainnya. Negara harus ada Konstitusi jika tidak ada negara akan hancur

Selain itu, para ahli juga mengungkapkan mengenai pengertian negara, antara lain sebagai berikut:

  1. E.C. Wade

Konstitusi adalah naskah yang memaparkan rangka dan tugas pokok berasal dari badan pemerintahan suatu negara dan memilih pokok-pokok langkah kerja badan tersebut.

  1. KC. Wheare

Konstitusi adalah total sistem ketatanegaraan suatu negara yang bersifat kumpulan ketentuan yang membentuk an sesuaikan pemerintahan negara. http://angalul.com

Kedudukan Konstitusi

Adapun kedudukan konstitusi antara lain sebagai berikut:

Sebagai hukum dasar

Dalam hal ini, konstitusi memuat aturan-aturan pokok tentang penyelengara negara, yaitu badan-badan/lembaga-lembaga pemerintahan dan menambahkan kekuasaan serta  prosedur pemakaian kekuasaan selanjutnya kepada badan-badan pemerintahan.

Sebagai hukum tertinggi

Hal ini, konstitusi memiliki kedudukan yang lebih tinggi pada peraturan-peraturan yang lain di dalam tata hukum pada suatu negara. Dengan demikian, aturan-aturan yang ada di bawah konstitusi tidak bertentangan dan harus sesuai dengan aturan-aturan yang ada pada konstitusi.

Hari Somolokentir