Keunikan Rumah Klasik Adat Panjang

jimmaclaren.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas salah satu warisan budaya nusantara yaitu rumah klasik adat panjang atau rumah adat dari provinsi kalimantan barat

Keunikan Rumah Klasik Adat Panjang

Jaman dulu, Rumah Panjang dari Kalimantan Barat terbuat dari kayu. Rumah panjang dari Kalimantan Barat memiliki tinggi 5 sampai 8 meter. Tinggi rumah bergantung dari tinggi tiang yang menyokong rumah itu. Rumah panjang dari Kalimantan barat memiliki panjang kira-kira 180 meter serta lebar 6 meter. Rumah panjang mempunyai sekitar 50 ruangan.

Ruangan-ruangan ini biasanya ditempati oleh beberapa keluarga yang di dalamnya termasuk juga keluarga utama. Untuk masuk ke rumah panjang, keluarga menggunakan tangga atau anak tangga. Rumah panjang di Kalimantan Barat memiliki bentuk yang sempit tapi dengan ukuran panjang yang berlebih namun tidak mengurangi dari keindahan konsep rumah klasik di bangunan tersebut. Rumah ini cuma terbagi dalam satu kamar.

Rumah panjang terbagi dalam beberapa bagian yakni teras atau biasa disebut dengan pante, ruang tamu yang biasa disebut dengan samik, serta ruangan keluarga. Dalam ruangan tamu ada satu meja yang disebut pene yang berperan menjadi tempat bicara atau terima tamu.

Pene berupa lingkaran serta dipakai untuk menempatkan makanan atau minuman untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Ruangan keluarga ialah ruangan simpel yang memiliki panjang 6 meter serta lebar 6 meter. Sisi belakang rumah panjang dipakai menjadi dapur untuk keluarga. Biasanya, tiap-tiap keluarga memiliki dapur masing-masing.

Manfaat Rumah Panjang

Keunikan Rumah Klasik Adat Panjang

Biasanya, rumah panjang dipakai untuk rumah beberapa keluarga. Namun, rumah panjang bukan sekedar dipakai menjadi rumah saja. Rumah panjang dibuat tinggi sebab berperan untuk menjauhkan dari serangan binatang buas.

Tinggi rumah panjang ikut bertindak untuk menjaga keselamatan keluarga dari serangan suku-suku lainnya dalam penduduk Dayak. Rumah panjang ikut sering dipakai untuk kegiatan-kegiatan penduduk seperti rapat atau pertemuan-pertemuan.

Bukan sekedar pertemuan-pertemuan penduduk, rumah panjang ikut digunakan untuk upacara-upacara adat istiadat atau ritual – ritual yang ada pada penduduk Dayak. Oleh Karenanya, rumah panjang tidak cuma punya pribadi tapi juga milik penduduk Dayak yang terkenal dengan konsep rumah klasik.

Hari Somolokentir