Cara Membuat Listrik Alternatif Sederhana

Kali ini kami Akan Memberitahu cara membuat energi alternatif sendiri

 

1.Membuat Generator Listrik tanpa bahan bakar
Disini kami dapat terangkan sebuah rancangan yang di mana anda dapat buat sendiri generator listrik tanpa mengunakan bahan bakar di mana daya listrik yang dikeluarkan dapat mencapai antara 2000 Watt – 20.000 Watt bersama mengunakan dinamo st 15 sebagai penghasil daya listrik dirumah anda atau di usaha anda.
Bahan – bahan yang anda butuhkan

Dinamo Mesin parut 200 Watt Rp. 250.000
Roda GIla Berdiameter 50 Centimeter bersama berat 5 – 10 KG dapat disesuaikan kebutuhan anda
Gear Box Rasio 1:5 atawa Rasio 1 : 8 atau dapat mengunakan katrol berdiameter 50 centimeter (dipasang pada Poros As Roda GIla 2 unit ) dan 20 centimenter ( di pakai pada dinamo mesin parut dan dinamo pembangkit listrik )
Dinamo ST 3 (murni 1000 watt) Atau ST 15 (7000 watt)
Kapasitor untuk di pakai di dinamo mesin parut
MCB Saklar Dan Jika anda rela dapat mengunakan relay supaya terjadi otomatis

Rangkai dinamo tersebut saling terjalin bersama poros roda gila dan hubungkan aliran listrik yang muncul berasal dari Dinamo ST anda ke aliran listrik dinamo mesin parut di mana manfaat ini untuk mengimbuhkan aliran listrik yang diperlukan oleh dinamo parut dalam memutar roda gila supaya momentum putaran berasal dari roda gila dapat digunakan untuk memutar Dinamo ST 3 sebagai pembangkit listrik anda.
Hasil Listrik yang dikeluarkan oleh dinamo ST dapat digunakan oleh Dinamo Mesin parut sebagai daya listrik dalam memutar poros roda as , untuk menyalakannya anda cuma tinggal memutar roda gila bersama memasang dinamo tambahan yang dapat memutar roda gila sesudah dinamo ST dapat menghasilkan putaran rpm yang memadai dalam menghasilkan listrik anda dapat mematikan dinamo tambahan tersebut (cara kerja serupa bersama dinamo starter pada kendaraan bermotor).

2. Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Magnet Sederhana
Pastinya anda sudah tidak asing bersama {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} model pembangkit listrik layaknya pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), sampai bersama pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Namun bagaimana bersama pembangkit listrik tenaga magnet?

Sebagian berasal dari anda pasti masih sedikit asing bersama arti pembangkit listrik tenaga magnet. Ya, sebenarnya untuk sementara ini pembangkit listrik model ini masih digunakan dalam skala yang kecil, tak layaknya pembangkit listrik model lainnya yang sudah dibuat dalam skala massive untuk mensuplay listrik di suatu tempat.

Nah, untuk menjawab rasa mengidamkan tahu anda, kali ini Belajar Elektronika dapat membicarakan mengenai pembangkit listrik tenaga magnet terasa berasal dari prinsip kerjanya, sampai bersama cara membuatnya. Bagi anda yang penasaran dan mengidamkan tahu informasi lengkapnya, silahkan simak baik-baik ulasan terakhir berasal dari Belajar Elektronika tersebut ini.
Cara Buat Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Perlu diketahui bahwa prinsip kerja pembangkit listrik tenaga magnet ini memadai sederhana. Intinya magnet digunakan untuk menjalankan turbin generator supaya menghasilkan daya listrik. Perputaran ini pakai type berasal dari arah flux magnetik yang berlawanan supaya sebabkan magnet lainnya bergerak.

Saat flux magnet yang berlawanan tersebut disusun sedermikian rupa, maka dapat sebabkan pergerakan berasal dari magnet lain sehingg perputaran dapat berlanjut secara konsisten menerus (continue). Dalam hal ini magnet berfungsi sebagai rotor. Selanjutnya magnet rotor ini disambungkan ke magnet lain yang berfungsi sebagai generator.

Saat generator bekerja, maka daya berasal dari putaran tersebut dapat dikonversi jadi daya listrik dalam kuantitas tertentu. Besarnya daya listrik yang dihasilkan tergantung seberapa cepat putaran rotor magnet. Semakin cepat putarannya, maka tambah besar pula daya listrik yang dihasilkan.

Setelah tahu prinsip kerja berasal dari pembangkit listrik tenaga magnet ini sudah pasti anda sudah dapat menerka-nerka bagaimana bentuk fisik berasal dari alat ini. Untuk mempermudah pemahaman anda, tersebut dapat kita lanjutkan informasinya mengenai cara sebabkan pembangkit listrik tenaga magnet.

Komponen-komponen yang dibutuhkan:

8 buah magnet bulat sebagai rotor (pilih ukuran paling ringan)
1 buah magnet bekas speaker sebagai stator
1 buah rangka kincir (bisa berasal dari kayu / alumunium?
1 buah LED
1 buah generator mini
Kayu secukupnya
Kawat kumparan secukupnya
Lem
Gunting

Apabila seluruh komponen (alat dan bahan) sudah siap, lanjut ke proses pembuatan. Pertama-tama urutan magnet rotor ke rangka kincir. Setelah itu pasangkan outputnya ke generator. Untuk penyangganya pakai kayu. Untuk tahu apakah tersedia aliran listrik pakai LED. Cukup enteng bukan? Untuk info lebih jelasnya dapat anda memandang pada gambar di bawah ini.

Kalian Juga bisa menggunakan Panel Surya Sebagai energi Alternatif lainnya,bisa kalian lihat di Inaport

Hari Somolokentir