Cara Mudah Membuat Sel Surya Sederhana

Cara memicu listrik tenaga surya simpel untuk di tempat tinggal memang memadai enteng misalnya Anda telaten. Sesuai bersama namanya, listrik tenaga surya menggunakan sinar dan panas matahari untuk menciptakan listrik. Beberapa dekade paling akhir ini listrik tenaga surya tengah digalakkan perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia sebagai energi alternatif selain minyak bumi. Perlu kita ketahui, cadangan minyak bumi dunia pelahan tetapi tentu dapat habis. Selain itu, listrik tenaga surya amat diperlukan sebagai energi alternatif dikarenakan ramah lingkungan dan bahan baku utama sinar matahari tersedia tersedia gratis sepanjang masa.

Dengan merasa menggunakan energi surya untuk keperluan listrik dalam tempat tinggal Anda, maka Anda sudah menyelamatkan bumi ini berasal dari ancaman world warming. Bahan baku utama untuk menangkap energi surya adalah panel surya atau solar cell. Alat ini terbuat berasal dari silikon bersama proses canggih dan mempunyai energi tangkap sinar matahari dan membuahkan energi luar biasa besar. Perangkat solar cell mengolah luar negeri dapat didapatkan di toko-toko elektronik besar. Tentu saja harganya tidak murah.

Cara memicu listrik tenaga surya simpel untuk tempat tinggal Anda dapat disiasati bersama perangkat simpel dan pastinya lebih murah. Bahan-bahannya pun dapat enteng di dapatkan di toko besi terdekat.Sebagai bahan silicon yang mahal, Anda dapat menggunakan curprous oxide, bahan utama solar cell yang dapat memberikan dampak photoelectric, proses merubah energi sinar matahari menjadi energi listrik

Selanjutnya kita dapat merasa memicu listrik tenaga surya simpel untuk tempat tinggal Anda.

Bahan-bahan yang mesti Anda siapkan untuk memicu listrik tenaga surya simpel di tempat tinggal adalah sebagai berikut:

Selembar plat tembaga berkilat. Lemabran tembaga ini dapat Anda beli di toko besi terdekat.
Dua capit buaya,
Kompor listrik,
Botol plastik bening. Bisa termasuk menggunakan botol bekas air mineral besar bersama memotong anggota atasnya.
Micro ammeter. Alat ini berguna membaca arus listrik pada 10-50 micro Amper.
Gunting untuk memotong plat tembaga,
Ampelas untuk membersihkan plat tembaga,
Dua sendok makan garam meja,
Air keran setinggi separuh botol plastik.

Proses Pembuatan

Setelah lengkap seluruh bahan-bahan untuk memicu listrik tenaga surya, sesudah itu mengikuti langkah selanjutnya ini:
1. Langkah pertama adalah potong lembaran tembaga selebar luas pengapian kompor listrik Anda. ini penting sehingga pembakaran lembaran tembaga dapat merata dalam kala bersamaan. Usahakan tidak tersedia minyak atau lemak yang melekat terhadap lembaran tembaga selanjutnya sehingga tidak tersedia kotoran yang menghalangi sinar matahari yang dapat diserap lembaran tembaga tersebut. Gunakan sikat kawat atau ampelas untuk membersihkan kotoran yang menempel. Kemudian keringkan.

2. Selanjutnya persiapkan kompor listriknya untuk membakar lembaran tembaga. Tempatkan tembaga selanjutnya di atas kompor listrik dan panasi bersama voltase paling tinggi.

3. Bakar tembaga sepanjang kurang lebih 30 menit sampai lembaran tembaga berwarna hitam gelap merata. Lapisan hitam gelap merata selanjutnya dapat mengelupas sepanjang proses pendinginan, namun lapisan tipis tembaga tetap menempel.

4. Setelah kurang lebih 30 menit, matikan kompor listriknya. Biarkan tembaga berada di atas kompor untuk proses pendinginan secara alami. Jangan mendinginkan menggunakan alat bantu dikarenakan proses pendinginan amat cepat tidak dapat efektif dan tetap meninggalkan lapisan oksida hitam di lembaran tembaga. Biarkan lembaran tembaga dingin secara alami di udara terbuka.

5. Selama proses pendinginan, lapisan oksida hitam dapat menyusut secara perlahan-lahan. Proses ini dapat berjalan kurang lebih sepanjang 30 menit. Jadi Anda mesti amat bersabar sampai lembaran tembaga dingin sempurna.

6. Setelah lembaran tembaga dingin, cuci dan gosok bersama tangan terhadap air yang mengalir untuk membersihkan serbuk-serbuk hitam sisa pembakaran. Lakukan secara pelahan. Jangan merenggangkan atau menekuk lembaran tembaga dikarenakan dapat merusak lapisan merah oksida corpus hasil pembakaran tadi. Lapisan Oksida corpus selanjutnya yang menjadi bahan baku utama untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.

7. Siapkan lembaran tembaga kedua ukurannya selebar tembaga pertama. Tembaga kedua ini tidak usah dibakar.

8. Masukkan tembaga pertama ke dalam botol plastik, tempelkan ke segi plastik yang menghadap matahari. Tembaga kedua diletakkan berhadapan bersama tembaga pertama. Usahakan kedua tembaga tidak saling bersentuhan.

9. Siapkan air sebanyak 1/2 gelas plastik yang sudah diaduk dua sendok garam meja. Masukkan air garam ke dalam botol plastik. Isi perlahan setinggi separuh botol plastik sehingga tidak tentang capit buaya yang dapat dipasang di ujung kedua tembaga.

10. Selanjutkan pakai capit buaya di ujung tembaga. Pasang kedua jepit buaya terhadap micro ampere. Pasang ujung kabel negatif terhadap tembaga pertama. Ujung kabel positif di tembaga kedua.

11. Letakkan di bawah panas sinar matahari. Hitung energi yang dihasilkan solar sell simpel Anda. Energinya dapat mencapai 33 micro Ampere sampai 50 micro Ampere. Energi listrik kecil ini dapat dipakai menghidupkan lampu 5 watt. Anda dapat jadi besar hasil output energi listrik berasal dari tenaga surga bersama memperluas lembaran tembaga oksida corpus.

Kalian juga bisa membaca/Memasang Sel Surya/PJU Solar Cell,dengan mengklik kata kata tersebut

Hari Somolokentir