Cara Dalam Merawat Mesin Genset Diesel dan Bensin

Cara Dalam Merawat Mesin Genset

Cara Dalam Merawat Mesin Genset – Sebuah genset dapat bertahan selama beberapa tahun lamanya tetapi membutuhkan perawatan yang tepat. Sama seperti merawat badan agar tetap sehat yang butuh untuk tetap makan, istirahat  dan berolahraga, genset juga perlu perawatan agar tidak mudah rusak.

Pusat genset Manado sendiri menjual produk-produk genset terbaik, namun sebagai pengguna, Anda tetap harus untuk memastikan bahwa genset listrik Anda aman dengan merawatnya secara rutin.

Tips untuk Melakukan Perawatan Genset

Semakin baik perawatan genset, semakin lama genset Anda akan berfungsi tanpa perlu perbaikan yang banyak, tanpa perlu menghabiskan banyak biaya yang serius untuk pembelian suku cadang mahal atau bahkan mengganti seluruh unit. Apa saja tips untuk melakukan perawatan?

  1. Nyalakan genset Anda setiap tiga bulan

Produsen genset pada umumnya merekomendasikan untuk menjalankan genset setiap tiga bulan selama sekitar 30 menit untuk mengisi baterai dan starter listrik. Hal terakhir yang harus Anda lakukan dan cek adalah mengetahui apakah starter listrik Anda  berfungsi atau tidak.

  1. Isi tangki genset Anda

Hindari merusak genset Anda dengan selalu mengisinya dengan gas. Ketika genset kehabisan gas, mesin akan menghentikan listrik sementara beban listrik di rumah Anda akan menyedot medan magnet dari genset itu sendiri.

  1. Simpan oli dan saringan berlimpah

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah berbelanja untuk oli atau filter baru selama pemadaman listrik yang lama jadi simpanlah persediaan oli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada genset.

  1. Jangan digunakan melebihi kapasitas

Jangan sampai Anda menggunakan genset melebihi kapasitas maksimum yang bisa dilakukan oleh genset Anda. Pastikan untuk membaca peraturan pemakaian sebelum membeli genset – karena ada peringkat “maksimum” atau “mulai” yang lebih tinggi atau watt “nilai” atau “kontinu”.

Jika Anda membeli genset untuk level daya yang lebih tinggi, itu hanya akan bekerja untuk waktu yang singkat dan pada level itu. Tetapi pada akhirnya, genset itu tidak akan memperpanjang kapasitas operasinya, dan jika Anda memaksakan bekerja di atas kemampuannya, itu akan merusak mesin.

Merawat genset itu sangatlah mudah, asal mau rutin untuk melakukan perawatan. Semua barang yang Anda miliki pada dasarnya akan bisa bertahan lama selama rajin merawatnya.

Hari Somolokentir