3 Metode Sterilisasi Yang Digunakan Di Rumah Sakit & Klinik

Mendengar kata sterilisasi, apa yang ada di benak anda pertama kali ? Ya benar, hal ini berkaitan dengan pembersihan kuman dan penyakit. Memang benar, secara umum definisi sterilisasi mengarah pada hal tersebut. Yaitu prses menghilangkan mikroorganisme patogen yang menempel pada satu benda dengan metode tertentu.

Contoh proses sterilisasi yang sering dan dapat dipastikan kita jumpai yaitu di rumah sakit dan klinik. Sterilisasi dilakukan untuk membersihkan alat – alat medis dan peralatan non medis dari virus dan bakteri yang menempel pada alat tersebut setelah pemakaian.

3 Metode Sterilisasi Yang Digunakan Di Rumah Sakit

metode sterilisasi

Proses sterilisasi alat kesehatan di rumah sakit menggunakan metode fisik dan kimiawi. Metode fisik yaitu dengan pemanasan, sedangkan metode kimiawi yaitu menggunakan bahan – bahan kimia seperti desinfektan.

1. Metode Kimia

Metode kimia yang digunakan dalam proses sterilisasi alat medis ini merupakan langkah awal dari serangkaian proses keseluruhan sterilisasi. Proses ini menggunakan bahan – bahan kimia yang bersifat desinfektan. Dimulai dengan cara membersihkan alat tersebut dengan sabun pada air mengalir. Kemudian direndam dengan menggunakan cairan desinfektan beberapa menit lalu dikeringkan.

2. Panas Uap

Metode sterilisasi selanjutnya yaitu dengan panas uap bertekanan. Metode ini dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut dengan Autoclave. Yaitu berupa panci tertutup dengan sarangan di dalamnya, dilengkapi dengan pemanas elektronik yang berfungsi mendidihkan air untuk menghasilkan uap. Uap tersebut kemudian digunakan untuk mensterilkan alat kesehatan. Proses ini berlangsung kurang lebih 30 menit.

3. Panas Kering

Metode panas kering sebenarnya sama dengan metode panas uap. Artinya, metode ini dapat digunakan salah satunya. Tergantung kebutuhan rumah sakit. Disebut dengan sterilisator kering karena tidak melibatkan air dalam prosesnya. Proses sterilisasi ini dilakukan dengan alat dry heat sterilizer atau sering disebut dengan sterilisator kering.

Informasi untuk anda yang membutuhkan informasi tentang produk – produk sterilisator untuk rumah sakit dan klinik, anda bisa kunjungi jualautoclave.com, Distributor Autoclave Indonesia yang menjual berbagai macam tipe dan jenis produk alat sterilisasi untuk mensterilkan alat – alat kesehatan di rumah sakit dan klinik. Sekian, semoga bermanfaat !

Hari Somolokentir