Ajarkan Anak Cara Merawat diri Agar Menjadi Generasi Maju

“Kebersihan adalah sebagian dari iman” Itu adalah sebuah hadits yang memerintahkan kita sebagai orang Muslim untuk selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri sendiri, kebersihan lingkungan, kebersihan orang lain, dan sebagainya. Bicara soal kebersihan anak, kita sebagai orang tuanya dituntut untuk mengenalkan serta menjaga kebersihan pada diri anak kita sejak dini agar menjadi generasi maju. Hal ini dilakukan supaya anak nantinya sudah terbiasa untuk hidup bersih. Hal sederhana yang bisa kita ajarkan kepada anak soal kebersihan adalah untuk memotong kuku. Ajarkan kepada anak untuk memotong kukunya jika sudah panjang, karena kalau kuku yang panjang dan kotor itu akan menyebabkan berbagai penyakit.

Memotong kuku seorang anak memang wajib dilakukan seorang ibu setiap minggunya. Apalagi jika anaknya ini sudah memasuki usia sekolah misalnya TK, maka ibu ini harus memotong kuku anaknya itu dihari minggu. Karena hari seninnya pada saat anak masuk sekolah, kuku anak itu akan diperiksa oleh gurunya. Anak yang melewatkan memotong kuku ini biasanya akan mendapat teguran atau bahkan mendapat hukuman dari gurunya.

Kewajiban memotong kuku seorang anak ini selain agar terhindar dari teguran atau hukuman gurunya, tetapi juga ada manfaatnya untuk kesehatan seorang anak. Kuku seorang anak jika tidak dipotong dapat menjadi perantara mikrobapatogen untuk menyebarkan penyakit. Mikrobapatogen yang hidup di kuku itu dapat menyebarkan penyakit pencernaan dan mata. Meski memotong kuku ini bermanfaat untuk kesehatan seorang anak, tetapi tidak sedikit anak yang tidak mau dipotong kukunya. Dengan menjaga kebersihan kuku, diharapkan anak kita menjadi anak yang sehat dan kuat sehingga bisa menjadi generasi maju, yakni generasi yang sehat, kuat, dan tangguh.  Lalu, cara membuat anak agar mau dipotong kukunya itu bagaimana? Untuk itu, mari kita simak tips agar anak mau dipotong kukunya yaitu :

  1. Gunting Kuku Ketika Anak Dalam Keadaan Yang Nyaman Dan Akrab

Hal yang harus diperhatikan seorang ibu juga adalah memotong kuku pada saat anak sedang akrab dengan ibunya. Karena ketika anak sedang akrab dengan ibunya, maka anak itu akan merasa nyaman. Kenyamanan anak ini akan membuatnya menuruti dengan apa yang ibunya inginkan.

  1. Ajak Anak Bernyanyi Atau Bermain

Ketika akan menggunting kuku anak, maka sebaiknya seorang ibu ini membuat anaknya itu merasa rileks sehingga anak ini nantinya akan merasa nyaman. Misalnya, seorang ibu ini dengan sambil mengajak anaknya itu bernyanyi atau dengan sambil mengajaknya mengobrol bercerita tentang sesuatu hal yang disukainya.

  1. Gunakan Gunting Kuku Yang Tajam

Salah satu penyebab anak tidak mau dipotong kukunya itu adalah karena ibunya itu pernah menggunakan gunting kuku yang tumpul. Karena gunting kuku yang tumpul ini biasanya akan membuat kuku sulit terpotong dan terkadang melukai kulit anak. Maka, sebaiknya seorang ibu ini menggunakan gunting yang tajam sehingga kuku anak akan cepat terpotong dan tidak menyebabkan kulit anak terluka.

  1. Gunting Kuku Anak Ketika Baru Selesai Mandi

Sebaiknya seorang ibu ini juga memotong kuku anaknya itu ketika anaknya itu baru selesai mandi. Hal ini dikarenakan ketika anak baru selesai mandi, maka biasanya kukunya itu akan rapuh. Sehingga ketika kuku anak ini rapuh, maka akan menyebabkan kuku anak itu akan cepat terpotong.

Mungkin itu saja paparan untuk kali ini semoga ada guna dan manfaatnya bagi kita semua

Hari Somolokentir