Bagaimana Bakersteez mendorong Rap Jamaika ke ketinggian baru

 

Amerika dan Jamaika memiliki sejarah pertukaran budaya yang sangat aneh dan menarik, terutama di departemen musik dan hiburan. Migrasi orang-orang Karibia ke AS dimulai pada tahun 1940-an dan melihat gelombang di tahun 60-an, yang ditandai oleh gerakan transformatif yang menghubungkan mereka selamanya. Pada tahun 1973, DJ Kool Herc mengekspor budaya roti panggang yang berat di Jamaika ke Bronx dan berdasarkan, lahir apa yang sekarang genre yang paling terkenal di dunia, hip-hop. Bob Marley menarik dari pengaruh funk dan soul di Amerika, menambahkan unsur-unsur dari mereka ke musik reggae yang baru saja lahir, dan menjadi salah satu musisi paling terkenal di dunia.

Saat ini, ada daftar seniman yang sehat di Jamaika, dari Popcaan yang lebih menonjol, hingga Hukum Kronis yang baru muncul. Tetapi ada satu seniman dengan perpaduan yang sangat menarik yang berbicara tentang perbedaan dan persamaan antara budaya Jamaika dan Amerika. Bakersteez mencapai keseimbangan tepat waktu dan efektif yang mencerminkan suara hari ini yang dominan di hip-hop dan dancehall. Wanita berusia 28 tahun yang bersemangat itu menjadi bintang di negara itu selama periode dua tahun yang relatif singkat. Sejak awal, kemampuannya untuk masuk dan keluar dari istilah Amerika serta patois Jamaika menghasilkan suara yang memicu minat banyak orang. Ternyata, Steez adalah hibrida; dia lahir Daniel Simpson di Kingston, Jamaika, dan kemudian pindah ke Hollywood, Florida pada usia 11 tahun. Waktunya di sekolah menengah Allapatha adalah masa transisi, tetapi dia mulai mendapatkan lebih banyak kesadaran tentang situasi uniknya selama hari-hari South Broward dan Lakeland High. Pada saat Steez kembali ke Jamaika untuk hidup, dia sudah berusia 18 tahun dan bersekolah di budaya Amerika.

Ketika digabungkan dengan video yang disutradarai sendiri, yang menangkap inti estetika, merek Steez memancarkan getaran sinematik. Dengan cara ini, tanpa peringatan, ia muncul ke panggung dengan single pertamanya “Kush & Kologne”, diikuti oleh video musik resmi pada Oktober 2016. Ini adalah demonstrasi pertama dari niatnya untuk memadukan budaya dan suara musik dancehall dengan download lagu musik hip-hop.

“Jangan pernah berpikir terlalu banyak tentang yuhzimmie. Lakukan saja. Seperti, bagaimana pun dalam kehidupan, lakukan saja,” Steez mengangkat bahu dengan acuh tak acuh, merujuk perampokannya menjadi produksi video untuk perusahaan produksi lokal RD. “Transisi, tidak ada perbedaan besar yuhzimmie , ‘sebabkan gaya hidup yang sama pula. Dari masa-masa sulit, hidup dan semua omong kosong deh. ” Ini memperluas pandangannya pada tingkat eksponensial, bekerja dengan dan akhirnya berteman dengan ikon seperti Chromatic dan Popcaan. Namun kenaikannya menunjukkan dia tidak acuh seperti yang dia lakukan. Dengan fitur-fitur yang ditempatkan dengan baik dan kolaborasi termasuk yang termuda dan paling menjanjikan di Jamaika, dari Unruly Quada hingga Tommy Lee dari Sparta, dan bahkan Konshens, Steez tampaknya memiliki visi dan rencana.

Ada energi khusus ketika dia melangkah keluar dari truknya di tempat parkir satu-satunya TGIF Kingston yang mengenakan baby wallabees biru muda, celana jin skinny hitam, tank top putih, dan rantai emas. Langit mendung membuat keraguan pada pilihannya untuk pergi tanpa lengan, tapi keraguan ini segera memudar saat matahari akhirnya menang. Dia bertato sampai ke lehernya dengan seni simbolik yang aneh; mulai dari yang duduk di bawah lehernya yang berjudul “Stay Blessed” dalam font Inggris Kuno, hingga penggambaran burung kolibri Jamaika yang merentangkan telinga kirinya. “Saya merasa seperti itu ketika Anda kurang memikirkan hal-hal tertentu dan hanya melakukan apa yang perlu Anda lakukan, saat itulah omong kosong mulai terjadi untuk Anda,” katanya dengan nada kesusahan yang sama seperti nadanya.

Hip-hop Jamaika selalu diterima dengan telinga yang waspada. Mungkin, orang dapat mengetahui ketidakaslian dari jarak jauh. Bagaimanapun, keseimbangan yang diperlukan untuk melakukan rap Jamaika (meyakinkan) adalah berbahaya. Penonton Jamaika telah digambarkan oleh banyak orang sebagai yang paling tangguh di dunia; dibutuhkan kekuatan yang sama untuk memindahkan gunung. Bahkan ada istilah yang digunakan untuk menggambarkan seniman yang dicap tidak bisa dipecahkan. Artinya, artis yang dicurigai publik tidak akan pernah mendapatkan terobosan besar, atau “buss”. Istilah “Balon Besi” adalah permainan tentang sifat balon untuk mengapung, dan para seniman yang tidak bisa dipecahkan itu sebagus balon besi. Ini sering diterapkan pada seniman Jamaika yang mencoba segala jenis hip-hop, sebagai isyarat kepastian bahwa itu tidak akan berhasil. Ekstrem pasti, tetapi ada beberapa sejarah untuk mendukungnya.

Hari Somolokentir