Sejarah Singkat Tentang Bean Bagm

Sejarah Singkat Tentang Bean Bagm

Siapa yang tidak tahu mengenai benda bernama Bean bag ini, memiliki bentuk layaknya kantong besar dan mudah menyesuaikan bentuk tubuh kita. Meski saat ini bean bag semakin mengalami berbagai inovasi, nyatanya kursi duduk ini juga mempunyai sejarahnya sendiri lho. Nah, kalau kamu mulai kepo seperti apakah sejarah dari bean bag ini. Yuk simak informasi menariknya di bawah!

Sejarah Bean Bag

Kursi bean yang kita kenal saat ini pertama kali muncul pada tahun 1969. Awalnya ada tiga orang desainer dari italia bernama Gatti, Paolini dan Teodora. Mereka bertiga berencana menciptakan jenis kursi yang bergaya, praktis, dan pas dengan gaya hidup tahun 60-an.

Dan pada tahun 1968 mereka membuat desain bernama Sacco yang artinya “kursi tak berbentuk”. Sacco ini dibentuk dari kulit hewan, karena dulunya tekstis memiliki harga yang cukup tinggi. Nah kulit hewan ini kemudian diisi dengan berbagai manik-manik seperti strofoam atau PVC.

Bean bag ini dibentuk dengan sederhana mungkin dan kulit hewan tadi hanya dijahit pada bagian kanan dan kirinya saja. Bahan manik-manik yang digunakan juga merupakan limbah plastik yang sudah diberishkan terbelebih dahulu.

Sacco ini kemudian dijual dengan harga yang begitu murah, karena memang tujuan utamanya adalah untuk menjangkau kalangan atau keluarga yang memiliki ekonomi terbatas. Namun seiring berjalannya waktu Sacco ini menjadi terkenal. Puncaknya pada tahun 1970, dimana banyak desainer muda dari italia yang berusaha mengembangkan Sacco ini menjadi lebih unik dan berbeda.

Dan pada tahun 90-an, bean bag mulai menjamah pasar sofa dan kasur yang terkenal saat itu. Akhirnya namanya terkenal dengan bean bag, dan bersaing dengan furniture lain seperti sofa, kursi malas, dan masih banyak lagi.

Pada tahun yang sama, banyak kasus kematian anak-anak aibat bean bag ini. Mereka meninggal akibat merangkat ke dalam kursi bean bag dan menghirup pellet atau isi di dalamnya. Kemudian pada tahun 1995, pemerintah sekitar menarik produk bean bag yang sudah ada kemudian di ubah dan diberi resleting untuk alasan keamanan.

Kesimpulan

Nah jadi begitulah singkatnya sejarah dari bean bag ini, awalnya yang hanya dijual murah meriah kini bean bag telah berubah menjadi sebuah furniture rumah yang dijual dengan harga tinggi. Bahkan banyak orang yang mulai menjadikan sewa bean bag sebagai modal usaha. Semoga bermanfaat.

Hari Somolokentir